You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Calon Penumpang Kapal Pelni Keluhkan Kenaikan Harga Tiket.
Menjelang lebaran yang tinggal dua belas hari lagi, banyak warga Ibukota yang pulang kampung untuk merayakan lebaran di Kampung Halaman. Di Terminal Nusantara Pura, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara banyak calon penumpang yang ak.
photo doc - Beritajakarta.id

Calo Tiket Kapal Pelni Bergentayangan

Banyak calo di sini, kita jadi terganggu. Apalagi mereka nawarinnya agak maksa. Petugas harus turun tangan menertibkannya

Calon pemudik yang akan menggunakan angkutan laut kapal Pelni diimbau berhati-hati agar tidak memanfaatkan jasa calo untuk memperoleh tiket. Pasalnya, saat ini di Terminal Nusantara Pura, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, sudah banyak calo yang bergentayangan.

Musim Mudik, Tarif Bus Eksekutif Naik 50 Persen

Dalam melaksanakan aksinya, tidak jarang para calo itu agak memaksa kepada calon pemudik untuk membeli tiketnya. "Banyak calo di sini, kita jadi terganggu. Apalagi mereka nawarinnya agak maksa. Petugas harus turun tangan menertibkannya," kata Rahmat (35), seorang calon pemudik ke Pontianak, Kamis (17/7).

Hal senada diungkapkan Andi Baso (28), calon penumpang dengan tujuan Makassar. Ia juga mengeluhkan keberadaan calo tiket yang marak menjelang Lebaran. Selain itu, dirinya juga merasa terganggu sebab para calo tersebut sering melakukan pemaksaan.

Selain mengeluhkan maraknya calon, calon pemudik juga keberatan dengan melonjaknya harga tiket. Sebab rata-rata kenaikan harga tiket mencapai 20 persen. Seperti tiket kapal jurusan Jakarta-Medan hanya ada dua keberangkatan, yaitu pada 17 Juli dan 22 Juli dengan lama perjalanan dua hari tiga malam. Harga tiketnya bervariasi untuk kelas 1 (kapasitas 2 orang untuk satu ruangan dan ada kamar mandi di dalam) dikenakan tarif Rp 1,3 juta per tiket, kelas 2 (kapasitas 4 orang) Rp 1,1 juta, kelas 3 (kapasitas 6 orang) dikenakan harga Rp 780.000 per tiket, dan yang paling murah ada kelas ekonomi (kapasitas 50 penumpang dalam satu ruangan) harganya saat ini Rp 450.000.

Terkait maraknya calo tiket di Terminal Nusantara Pura, Humas PT Pelindo Tanjung Priok, Sofyan menjelaskan, pihaknya terus berusaha meminimalisir keberadaan para calo tiket kapal menjelang arus mudik Lebaran tahun ini. Selain dengan meningkatkan pengaman di terminal, pihaknya juga bekerjasama dengan Polres Pelabuhan Tanjung Priok.

Selain itu, Sofyan mengimbau kepada para calon penumpang kapal untuk tidak ragu-ragu melapor apabila terganggu dengan aktifitas calo tersebut.

“Imbauan kami kepada masyarakat yang akan menggunakan jasa kapal, saat diganggu calo untuk melaporkannya  ke petugas di lokasi,” ujar Sofyan.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. UP Metrologi Dinas PPKUKM Gelar Edukasi Metrologi Legal

    access_time30-09-2024 remove_red_eye2686 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Anwar Tinjau Lokasi Pembangunan Tempat Pembuangan Sampah Terpadu di Kramat Jati

    access_time29-09-2024 remove_red_eye2310 personNurito
  3. Asyik, Besok Tarif Transjakarta, MRT dan LRT Jakarta Cuma Rp 1

    access_time04-10-2024 remove_red_eye2191 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. 21 Unit Pemadam Tangani Kebakaran di Gedung Bakamla RI

    access_time29-09-2024 remove_red_eye1929 personBudhi Firmansyah Surapati
  5. Jakarta Entrepreneur Ikut Ramaikan Pameran Premiere Classe di Paris

    access_time29-09-2024 remove_red_eye1266 personAnita Karyati